User Experience Design (UXD) & User Testing

 1. Winda Marito                                                17191145

2. Fatma Citra Ramadhani                                17191196

3. Andreas Satrio Sugiyarwo Soegijoko            17191230

4. Setyo Ramadhan Egiawan                            17191240

5. Harry Noval Ramadhan                                 17191155

 

 

 

Assalamualaikum...

 

Hallo semuanya disini kita akan berbagi tentang

1. Apa yang dimaksud dengan : 

a. User Experience Design 

b. Desirable 

c. User Testing 

d. Usability Testing 

e. Guerrilla Testing 

2. Jelaskan fungsi dari User Experience Design pada IMK 

3. Jelaskan fungsi dari User Testing pada IMK 

4. Sebutkan dan Jelaskan prinsip-prinsip Usability Testing dan penerapannya pada IMK 

 5. Terdapat tampilan web sebagai berikut : 



Lakukan Pengujuan dengan pola-pola yang terdapat pada materi User Testing


Penasaran kan? yuk terus baca!


1. Apa yang dimaksud dengan : 

a. User Experience Design 

User Experience merupakan bagaimana pengalaman pengguna saat memakai atau berinterkasi menggunakan sebuah produk digital. Pengalaman tersebut bisa dilihat dari kemudahan pengguna dalam memperoleh apa yang mereka butuhkan dari produk digital tersebut secara lebih menarik dan menyenangkan. Dahulu kebanyakan aplikasi hanya cukup memiliki usability yang bagus saja, akan tetapi sekarang sebuah aplikasi juga harus mempunyai UX yang bagus.

Secara lebih jelasnya, User Experience dari sebuah produk yang bagus biasanya tidak akan mempersulit penggunanya untuk mencapai tujuan mereka. Baik itu dari desain UI yang friendly, menu yang simpel, produk yang ringan saat diakses dan sebagainya. Namun sebaliknya, UX yang buruk menjadikan penggunanya merasa frutasi karena kesulitan memperoleh apa yang mereka butuhkan. Jika sudah demikian, terdapat banyak efek buruk yang dapat terjadi pada produk digital tersebut.

b. Desirable 

Estetika visual sebuah produk, jasa atau sistem harus menarik dan mudah diterjemahkan. Desain harus minimal dan to the point.

c. User Testing 

User testing atau dikenal juga dengan UAT (user acceptance test) merupakan suatu proses pengujian oleh pengguna yang bertujuan untuk menghasilkan dokumen yang bisa dijadikan bukti bahwa produk yang dibuat dapat diterima pengguna.

d. Usability Testing 

Usability testing merupakan sebuah tahap pengujian software yang dilakukan oleh developer dengan melibatkan secara langsung user yang menggunakan aplikasi tersebut dan meneliti bagaimana user berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Tujuan dari usability testing adalah mencari permasalahan kegunaan, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, serta menentukan kepuasan pengguna dengan produk tersebut. Usability testing merupakan tahap yang penting untuk dilakukan sebelum sebuah produk dirilis.

e. Guerrilla Testing 

Guerilla test adalah mendapatkan feedback dari user dengan menunjukkan design atau prototype kepada publik dan meminta pendapat dari orang-orang sekitar.

 

2. Jelaskan fungsi dari User Experience Design pada IMK 


  • Memudahkan Pengguna

Fungsi User Experience yang pertama yaitu memudahkan para pengguna saat memakai aplikasi sebab di dalamnya sdah tersedia penilaian dari aspek usability. Saat ini setiap aplikasi atau software pasti sudah dibuat supaya para pengguna mudah untuk memakainya.

  • Menarik Minat Para Pengguna

Fungsi User Experience berikutnya yaitu untuk menarik minat para penggunanya agar menggunakan aplikasi secara terus menerus. Sebuah aplikasi yang tidak memiliki daya tarik bagi pengguna, pasti akan cepat ditinggalkan atau tidak dilirik sama sekali.

  • Meningkatkan Kesuksesan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa para pengguna akan lebih cepat meninggalkan aplikasi-aplikasi yang menurut mereka tidak memberikan pengalaman yang menarik. Misalnya, aplikasi WhatsApp dari waktu ke waktu semakin banyak digunakan oleh para pengguna smartphone karena aplikasi ini mampu memberikan pengalaman pengguna yang sangat menarik. Anda dapat membandingkan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi kompetitornya yang justru semakin menurun dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadikan User Experience sangat penting diterapkan untuk sebuah aplikasi agar meningkatkan atau mempertahankan kesuksesan.

  • Menghasilkan UI yang Bagus

Perlu Anda ketahui bahwa User Interface (UI) adalah keluaran dari penerapan User Experience. Apabila penerapan UX di sebuah aplikasi sangat diperhatikan, maka dapat menghasilkan desain UI yang sangat bagus sehingga terkesan lebih menarik dan elegan.

  • Untuk Memenangkan Persaingan

Penerapan User Experience pada produk-produk digital bertujuan untuk memenangkan persaingan. Terlebih dari tahun ke tahun produk digital yang hadir di dunia juga semakin bervariasi. Untuk memenangkan persaingan produk-produk digital itulah, maka sebuah produk harus memberikan pengalaman yang menarik bagi setiap pengguna.

 

3. Jelaskan fungsi dari User Testing pada IMK

  • Lebih cepat menemukan masalah
  • Dapat menghindari cost produksi yang tidak perlu
  • Dapat menghemat waktu
  • Dapat menentukan user persona/segmen
  • Membantu menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan user

4. Sebutkan dan Jelaskan prinsip-prinsip Usability Testing dan penerapannya pada IMK

1.      Learnability

Seseorang pengguna pemula mampu mempelajari sistem mempelajari sistem dan memanfaatkan sistem secara optimal. Di dalam prinsip ini terbagi menjadi lima bagian yaitu :

a.       Predictability

Pengguna mampu menentukan hasil dari sebuah tindakan didalam sistem. Contoh : jika terjadi klik tombol simpan maka pengguna dapat menebak bahwa hasil dari tindakan tersebut adalah menyimpan data.

b.      Synthesizability

Pengguna dapat melihat hasil yang terjadi atau tanda sedang terjadinya suatu proses sesegera mungkin.

c.       Familiarity

Melakukan analogi dalam desain sitem dengan aplikasi sejenis ataupun alat sejenis yang sebelumnya telah dianggap populer.

d.      Generalizability

Membuat desain operasi sistem yang juga berlaku sama di aplikasi lain yang sejenis, contoh : operasi edit(cut/copy /paste).

e.       Consistency

Konsisten dalam penggunaan berbagai istilah maupun ukuran.

2.      Flexibility

Sebuah sistem yang dianggap memnuhi usability, diharapkan dapat dioperasikan dengan prosedur yang tidak kaku. Sebuah sistem yang dianggap memnuhi standar fleksibilitas jika memenuhi konsep sebagai berikut :

a.       Dialogue initiative

Pengguna memiliki kebebasan dalam sebuah kotak dialog, contoh : dalam kotak dialog penyimpanan dokumen, terdapat tombol untuk meneruskan proses dan sekaligus membatalkan.

b.      Multi Threading

Pengguna dapat menjalankan aplikasi lain ataupun proses lain di saat sebuah proses lain di saat sebuah proses atau sistem sedang dijalankan.

c.       Task Migrability

Kemempuan untuk melakukan migrasi, baik berupa data ataupun hasil proses ke aplikasi lain, contoh : hasil sebuah proses dapat diedit di aplikasi word processor.

d.      Substitutivity

Sebuah perintah dapat diganti dengan padanan lain, contoh : penyediaan shortcut.

e.       Costumizability

Desain dapat dimodifikasi oleh pengguna secara adaptif atau sesuai dengan tujuan utama masing-masing, contoh : pengaturan toolbar dan letak icon.

3.      Robustness

Prinsip ini diartikan sebagai kehandalan sebuah sistem dalam mencapai tujuan khususnya dari sudut pandang pengguna . Dalam pencapaian, dibutuhkan empat kriteria yaitu :

a.       Observability

Pengguna bisa melakukan observasi pendahuluan sebelum benar-benar melakukan proses yang sesungguhnya.

b.      Recoverability

Kemampuan koreksi dari sistem jika pengguna melakukan kesalahan.

c.       Responsiveness

Sebuah sistem yang responsif berarti mampu menerima tindakan user dengan stabil tanpa ada kendala yang timbul akibat komunikasi dari pengguna.

d.      Task conformance

Kenyamanan pengguna dalam melakukan pekerjaan yang terdapat dalam sistem yang dianggap handal.


5. Terdapat tampilan web sebagai berikut :



Lakukan Pengujuan dengan pola-pola yang terdapat pada materi User Testing 

Bagian Kiri 

• Navigasi yang efisien 

• Menu-menu yang tersusun rapi dan mudah digunakan


Bagian Tengah 

• Kontrol yang  lengkap, efisien dan mudah di gunakan

• Penggunaan bahasa yang konsisten 

• Desain link yang konsisten dan mudah di akses 

• Desain penulisan dan tampilan yang rapi  


Bagian Kanan 

• Menu-menu yang tersusun rapi dan mudah digunakan

•  Desain penulisan dan tampilan yang rapi 

• Fitur chatting yang mudah di akses dan cepat melakukan percakapan



























Comments

Popular posts from this blog

Makalah IMK Perancangan Sistem Layanan Media Streaming Berbasis Website

PERANTI INTERAKTIF DAN RAGAM DIALOG

ASPEK MANUSIA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER