User Experience Design (UXD) & User Testing
1. Winda Marito 17191145
2. Fatma Citra Ramadhani 17191196
3. Andreas Satrio Sugiyarwo Soegijoko 17191230
4. Setyo Ramadhan Egiawan 17191240
5. Harry Noval Ramadhan 17191155
Assalamualaikum...
Hallo semuanya disini kita akan berbagi tentang
1. Apa yang dimaksud dengan :
a. User Experience Design
b. Desirable
c. User Testing
d. Usability Testing
e. Guerrilla Testing
2. Jelaskan fungsi dari User Experience Design pada IMK
3. Jelaskan fungsi dari User Testing pada IMK
4. Sebutkan dan Jelaskan prinsip-prinsip Usability Testing dan penerapannya pada IMK
5. Terdapat tampilan web sebagai berikut :
Lakukan Pengujuan dengan pola-pola yang terdapat pada materi User Testing
Penasaran kan? yuk terus baca!
1. Apa yang dimaksud dengan :
a. User Experience Design
User Experience merupakan bagaimana pengalaman pengguna saat memakai atau berinterkasi menggunakan sebuah produk digital. Pengalaman tersebut bisa dilihat dari kemudahan pengguna dalam memperoleh apa yang mereka butuhkan dari produk digital tersebut secara lebih menarik dan menyenangkan. Dahulu kebanyakan aplikasi hanya cukup memiliki usability yang bagus saja, akan tetapi sekarang sebuah aplikasi juga harus mempunyai UX yang bagus.
Secara lebih jelasnya, User Experience dari sebuah produk yang bagus biasanya tidak akan mempersulit penggunanya untuk mencapai tujuan mereka. Baik itu dari desain UI yang friendly, menu yang simpel, produk yang ringan saat diakses dan sebagainya. Namun sebaliknya, UX yang buruk menjadikan penggunanya merasa frutasi karena kesulitan memperoleh apa yang mereka butuhkan. Jika sudah demikian, terdapat banyak efek buruk yang dapat terjadi pada produk digital tersebut.
b. Desirable
Estetika visual sebuah produk, jasa atau sistem harus menarik dan mudah diterjemahkan. Desain harus minimal dan to the point.
c. User Testing
User testing atau dikenal juga dengan UAT (user acceptance test) merupakan suatu proses pengujian oleh pengguna yang bertujuan untuk menghasilkan dokumen yang bisa dijadikan bukti bahwa produk yang dibuat dapat diterima pengguna.
d. Usability Testing
Usability testing merupakan sebuah tahap pengujian software yang dilakukan oleh developer dengan melibatkan secara langsung user yang menggunakan aplikasi tersebut dan meneliti bagaimana user berinteraksi dengan aplikasi yang dibuat. Tujuan dari usability testing adalah mencari permasalahan kegunaan, mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif, serta menentukan kepuasan pengguna dengan produk tersebut. Usability testing merupakan tahap yang penting untuk dilakukan sebelum sebuah produk dirilis.
e. Guerrilla Testing
Guerilla test adalah mendapatkan feedback dari user dengan menunjukkan design atau prototype kepada publik dan meminta pendapat dari orang-orang sekitar.
2. Jelaskan fungsi dari User Experience Design pada IMK
- Memudahkan Pengguna
Fungsi User Experience yang pertama yaitu memudahkan
para pengguna saat memakai aplikasi sebab di dalamnya sdah tersedia penilaian
dari aspek usability. Saat ini setiap aplikasi atau software pasti sudah dibuat
supaya para pengguna mudah untuk memakainya.
- Menarik Minat Para Pengguna
Fungsi User Experience berikutnya yaitu untuk menarik
minat para penggunanya agar menggunakan aplikasi secara terus menerus. Sebuah
aplikasi yang tidak memiliki daya tarik bagi pengguna, pasti akan cepat ditinggalkan
atau tidak dilirik sama sekali.
- Meningkatkan Kesuksesan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa para
pengguna akan lebih cepat meninggalkan aplikasi-aplikasi yang menurut mereka
tidak memberikan pengalaman yang menarik. Misalnya, aplikasi WhatsApp dari
waktu ke waktu semakin banyak digunakan oleh para pengguna smartphone karena
aplikasi ini mampu memberikan pengalaman pengguna yang sangat menarik. Anda
dapat membandingkan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi kompetitornya yang justru
semakin menurun dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadikan User Experience
sangat penting diterapkan untuk sebuah aplikasi agar meningkatkan atau
mempertahankan kesuksesan.
- Menghasilkan UI yang Bagus
Perlu Anda ketahui bahwa User Interface (UI) adalah
keluaran dari penerapan User Experience. Apabila penerapan UX di sebuah
aplikasi sangat diperhatikan, maka dapat menghasilkan desain UI yang sangat
bagus sehingga terkesan lebih menarik dan elegan.
- Untuk Memenangkan Persaingan
Penerapan User Experience pada produk-produk digital
bertujuan untuk memenangkan persaingan. Terlebih dari tahun ke tahun produk
digital yang hadir di dunia juga semakin bervariasi. Untuk memenangkan
persaingan produk-produk digital itulah, maka sebuah produk harus memberikan
pengalaman yang menarik bagi setiap pengguna.
3. Jelaskan fungsi dari User Testing pada IMK
- Lebih cepat menemukan masalah
- Dapat menghindari cost produksi
yang tidak perlu
- Dapat menghemat waktu
- Dapat menentukan user
persona/segmen
- Membantu menemukan solusi yang
sesuai dengan kebutuhan user
4. Sebutkan dan Jelaskan prinsip-prinsip Usability Testing dan penerapannya pada IMK
1.
Learnability
Seseorang pengguna pemula mampu mempelajari sistem
mempelajari sistem dan memanfaatkan sistem secara optimal. Di dalam prinsip ini
terbagi menjadi lima bagian yaitu :
a.
Predictability
Pengguna mampu menentukan hasil dari sebuah tindakan
didalam sistem. Contoh : jika terjadi klik tombol simpan maka pengguna dapat
menebak bahwa hasil dari tindakan tersebut adalah menyimpan data.
b.
Synthesizability
Pengguna dapat melihat hasil yang terjadi atau tanda
sedang terjadinya suatu proses sesegera mungkin.
c.
Familiarity
Melakukan analogi dalam desain sitem dengan aplikasi
sejenis ataupun alat sejenis yang sebelumnya telah dianggap populer.
d.
Generalizability
Membuat desain operasi sistem yang juga berlaku sama
di aplikasi lain yang sejenis, contoh : operasi edit(cut/copy /paste).
e.
Consistency
Konsisten dalam penggunaan berbagai istilah maupun
ukuran.
2.
Flexibility
Sebuah sistem yang dianggap memnuhi usability,
diharapkan dapat dioperasikan dengan prosedur yang tidak kaku. Sebuah sistem
yang dianggap memnuhi standar fleksibilitas jika memenuhi konsep sebagai
berikut :
a.
Dialogue initiative
Pengguna memiliki kebebasan dalam sebuah kotak dialog,
contoh : dalam kotak dialog penyimpanan dokumen, terdapat tombol untuk
meneruskan proses dan sekaligus membatalkan.
b.
Multi Threading
Pengguna dapat menjalankan aplikasi lain ataupun
proses lain di saat sebuah proses lain di saat sebuah proses atau sistem sedang
dijalankan.
c.
Task Migrability
Kemempuan untuk melakukan migrasi, baik berupa data
ataupun hasil proses ke aplikasi lain, contoh : hasil sebuah proses dapat
diedit di aplikasi word processor.
d.
Substitutivity
Sebuah perintah dapat diganti dengan padanan lain, contoh
: penyediaan shortcut.
e.
Costumizability
Desain dapat dimodifikasi oleh pengguna secara adaptif atau sesuai dengan tujuan utama masing-masing, contoh : pengaturan toolbar dan letak icon.
3.
Robustness
Prinsip ini diartikan sebagai kehandalan sebuah sistem
dalam mencapai tujuan khususnya dari sudut pandang pengguna . Dalam pencapaian,
dibutuhkan empat kriteria yaitu :
a.
Observability
Pengguna bisa melakukan observasi pendahuluan sebelum
benar-benar melakukan proses yang sesungguhnya.
b.
Recoverability
Kemampuan koreksi dari sistem jika pengguna melakukan
kesalahan.
c.
Responsiveness
Sebuah sistem yang responsif berarti mampu menerima
tindakan user dengan stabil tanpa ada kendala yang timbul akibat komunikasi
dari pengguna.
d.
Task conformance
Kenyamanan pengguna dalam melakukan pekerjaan
yang terdapat dalam sistem yang dianggap handal.
5. Terdapat tampilan web sebagai berikut :
Lakukan
Pengujuan dengan pola-pola yang terdapat pada materi User Testing
Bagian Kiri
• Navigasi yang efisien
• Menu-menu yang tersusun rapi dan mudah digunakan
Bagian Tengah
• Kontrol yang lengkap, efisien dan mudah di gunakan
• Penggunaan bahasa yang konsisten
• Desain link yang konsisten dan mudah di akses
• Desain penulisan dan tampilan yang rapi
Bagian Kanan
• Menu-menu yang tersusun rapi dan mudah digunakan
• Desain penulisan dan tampilan yang rapi
• Fitur chatting yang mudah di akses dan cepat melakukan percakapan
Comments
Post a Comment